8

Tips Membeli BlackBerry Baru

Akhirnya harus kena “BlackBerry” juga, kebetulan SE P1i tercinta mati tanpa sebab, akhirnya dengan sedikit bahagia saya harus membeli BlackBerry juga. :D
Udah pesen sebulanan dengan seorang teman yang bisnis Jual beli BlackBerry diseantero jogjakarta, akhirnya saya mengambil sebuah BlackBerry BOLD 9700 – ONYX judulnya. pas ngambil “katanya barangnya baru” karena malam dan agak gelap, akhirnya tanpa rasa bersalah dan cukup bahagia setelah itu BB bisa buka BBM, YM, FB dan keBlackBerryan-nya Lainnya saya langsung meluncur pulang.

Tapi Eiit, karena paling suka ubek ubek Gadget, akhirnya saya mendapati kenyataan klo BB itu tersebut adalah barang second atau mungkin rekondisi. hiks .. Ih woow – Bagaimana saya bisa menyimpulkan klo BB itu tidak sebaru semestinya …?!@%!^

begini ceritanya ….

Kalau temen² baru beli BB, apalagi pertama kali pakai BB atau nyentuh BB, waspadalah, karena kamu pasti cuman angguk2 waktu terima BB untuk pertama kalinya, karena keanggunan si BB. tapi kebetulan saya yang dulu tidak punya BB karena I-Phone Holic (walau sampai skrng gagal beli I-Phone – Terbentur masalah Legalitas) tapi sangat suka ngubek² BB  orang jadi paling tidak sedikit tahu apa dan pegimana itu BB.  so what must you do ???

1. Pertama dan terutama, usahakan membeli Blackberry hanya di gerai resmi Blackberry. Salah satunya adalah BlackBerry Branded Outlet by Indosat, gerai khusus Blackberry pertama di dunia. Di sini Anda tidak hanya bebas memilih dan mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan, tapi juga bisa mencoba kemampuan multimedia Blackberry dan mendownload software secara gratis. (karena kemahalan saya memutuskan membeli dengan seorang teman yang memberikan harga miring semiring kondisi BBnya :D )

2. Bila Anda mendapatkan Blackberry dari luar negeri, pastikan barang yang Anda pegang sudah unlocked alias tidak terkunci. Untuk memastikan hal tersebut,pertama silahkan cek untuk status Sim card Networknya dengan masuk ke
Option>advanced option>SIm card>ketik MEPD

apabila Status dari SIM tersebut Active maka handheld tersebut masih LOCK dan apabila status SIM tersebut Disable maka Handheld tersebut sudah Unlocked dan kedua masukkan kartu seluler dari operator lokal dan coba menelpon dan menerima telpon dengan handset tersebut. Bila semua berjalan lancar, berarti Blackberry tersebut bebas digunakan dengan kartu seluler apapun. (Kebetulan BB yang saya beli terlihat Disable jadi sudah ke Unlocked)

3. Coba cek Blackberry yang baru Anda beli. Blackberry yang benar-benar baru biasanya mengeluarkan aroma metal bercampur kulit. Aromanya sangat khas. Jangan ragu-ragu meminta tolong teman yang sudah memiliki Blackberry bila Anda adalah pengguna pertama Blackberry. (BBnya Sudah tidak mengeluarkan Bau)

4. PIN dan IMEI di handset Blackberry Anda harus sama persis dengan PIN dan IMEI di kardusnya. Kalau ada perbedaan, berarti terjadi pengkloningan pada kedua nomor penting tersebut. (kebetulan sama, tapi ini jangan pernah dipercaya, karena sangat mudah melakukan penipuan lewat kardus)

5. Cek kondisi baterei Blackberry. Perhatikan juga bagian ujungnya yang biasanya lebih mudah tergores saat Blackberry terjatuh. Jangan pernah terperdaya oleh dus atau segel plastik, karena semua kemasan barang bisa dibuat sendiri. (nah ini yang sangat biasa terjadi, dan benar2 terjadi pada BB saya, ada goresan2 tifis pada ujung BB, tapi beware juga, karena bisa saya casing BB sudah direkondisi juga, jadi terlihat sangat2 baru)

6. Cara berikut merupakan langkah paling valid untuk mengetahui keaslian dan kondisi Blackberry.
Pada menu status yang ada di dalam Options, ketik kata “Buyr”.  Seketika akan muncul lifetime, data voice dan data usage. Kalau barang yang Anda miliki diklaim sebagai barang baru, maka angka yang keluar pasti angka 0 atau lebih sedikit sebagai akibat dari pengetesan produk. (Kenyataanya BB saya data Voice dan Data Usagenya menguluarkan angka yang sangat banyak, dengan kesimpulan mudah ini BB sudah lama dipake orang – Asheeem)

7. Lakukan Test Pada BB anda, caranya : OPTION > STATUS ketik TEST. anda bisa melakukan pengecheckan seluruh fungsi dari blackberry, mulai dari fungsi keypad, trackball dan suara, biasanya kalau seluruh test PASS, berarti blackberry anda dalam kondisi FIT (tidak bermasalah).

8. Cek IMEI BB anda caranya : ketik * # 06 # nantinya akan muncul 15 No imei seperti : 356543.00.026258.6
ternyata setelah saya cari tahu, dari IMIE BB ini kita bisa tahu manufakturnya dari mana.
jika no ke 7 dan ke 8 menunjukan angka 02 atau 20 itu berarti BB anda dibikin di ASIA dengan BAD QUALITY
jika no ke 7 dan ke 8 menunjukan angka 08 atau 80 itu berarti BB anda dibikin di JERMAN dengan Kualitas Lumayan
jika no ke 7 dan ke 8 menunjukan angka 01 atau 10 itu berarti BB anda dibikin di FINLAND dengan Kualitas Baik
jika no ke 7 dan ke 8 menunjukan angka 00 | 03 atau 00 | 30 itu berarti BB anda dibikin di Perancis dengan BEST QUALITY
Tapi klo 2 digit IMEI anda tidak sesia dengan No diatas berarti dipastikan BB anda tidak jelas. (BB saya IMEInya 356543.03.026xxx.x << kebetulan “mungkin” buatan Best Quality  tapi beli baru dikasih barang second “Hufff” )

Yah jadi begitulah sedikit pengalaman “kecil” yang mungkin berguna buat temen2. semoga bisa lebih beware dan jgn mudah tertipu. secara indonesia dipenuhi oleh barang bajakan, orang bajakan dan bloger bajakan, kaya saya ini. hahaha :D – kamu juga dong … Keep Calm kk

admin

You are not authorized to see this part
Please, insert a valid App IDotherwise your plugin won't work.

8 Comments

  1. Mau tanya, kalo beli BB budlingan Indosat kan Unlocked tuh, dimana sya pake provider non – Indosat. Kalo terjadi apa2 dengan BB service nya brarti kn sya harus lapor ke Provider kartu saya. Gmn kalo provider kartu saya menolak? krn BB yang sya pakai adalah bundlingan Indosat… tolong kasih jawaban, urgent mau beli nih.. makasih.. :D

  2. like this bgt!!! untuk tips nya,, rencananya emang mau belii,,,

  3. Mas mau tanya
    Saya barusan dapat hadia BB Gemini.
    Yang mau saya tanyakan, apakah BB bisa bloking sms dan telpon masuk ?

    Maksud saya seperti Nokia symbian kan bisa diatur no siapa yg tidak kalo ada sms atau telpon masuk, tidak bisa dibaca sembarang orang

    Demikian terimakasih, salam.

  4. salam kenal mas.mas di jogja ya..kl gitu mas temenin sy beli BB gimana?sy juga di jogja, baru pertama mau beli BB tapi takut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *