3

Thailand memang Amazing

http://www.cokecans.com/images/flags/Thailand.gif

Sawadikap  :p

Amazing Thailand …. mungkin bisa menggambarkan sedikit tentang thailand. sebuah negara yg sebenarnya tidak begitu besar jika dibanding dengan negara kita, namun memiliki berbagai keindahan dan budaya yang sangat mengagumkan. 5 hari di thailand bersama temen2 MTI dan bapak2 dosen, wakil dekan serta bapak dekan merupakan sebuah pengalaman yang tidak bisa dilupakan.

Dari awal keberangkatan hingga harus tidak tidur karena flight pulang sangat pagi merupakan hal indah yang akan dikenang selalu :p beberapa tempat membuat saya memiliki kewajiban untuk kembali lagi ke negara ini :) “mungkin suatu hari nanti” hmm :p

Perjalanan sangat menyenangkan karena ga cuman asal jjs, tapi kita juga research IT di bangkok sana. :)

Information and Technology Trip
===============================

king mongkut university : sebuah universitas dengan pengembangan ITnya yang “sedang berkembang” dan wajib kita contoh untuk diterapkan di kampus² di indonesia kampus kita UGM juga tentunya.

AOF (airport of thailand) : Mengunjungi IT control di AOF (suvarnabhumi airport) membuat mata kita terbuka, begitu tertinggalnya negara kita dalam pengembangan teknologi dalam implementasinya pada airport. semuanya di kontrol oleh komputer “memang sudah seharusnya di abad sekarang semua seperti itu”, dari terrafic monitoring, flight scheduling, security, dll semuanya di kontrol dengan lingkungan kerja yang santai dan saya pikir “amazing facility”. :)

Chulalongkhorn University : wooow – the biggest university di thailand -  dari arsitektur, lingkungan, sdm dan facilitynya “greeat”. kampus yang umurnya hampir 3x umur UGM  hmmm…. keren banget deh. diajak keliling lab, cuman bisa bilang “wooow” dari lantai 15 sampai 20 lab IT mereka. dan labnya memang benar2 LAB. begitu specific sampai ada lab khusus research about tsunami. student mereka memang sangat dituntut untuk menghasilkan sesuatu yang berguna buat negara mereka. dan begitulah seharusnya mahasiswa. :)

Thailand Revenue Departement : Ini kantor pajaknya thailand. SI dan penerapan IT dinegara mereka benar2 bisa diacungi jempol. untuk level negara di asia tenggara mungkin pemerintah thailand dapat diberikan applause.  sistem mereka benar2 terintegrasi (terhubung antara departemen yang satu dengan yg lainnya).  jika dibandingkan dengan negara kita – huuuf  “ampuuun DJ”. untung waktu kunjungan ga ada orang pajak. bisa PENGSAN itu orang pajak liat revenue departement di thailand.  dari public service yg ada dithailand bisa disimpulkan semuanya dibuat dari pajak yang dibayar oleh penduduknya. dapat disimpulkan semuanya berbanding lurus, antara sistem yang ada, fasilitas yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakatnya serta “kesadaran” masyarakat thailand untuk membayar pajak.
Dari sisi IT – wooow – melalui sesi tanya jawab yang cukup panjang, dengan berbagai pertanyaan dari temen2 IT UGM kesimpulannya IT yg mereka implementasikan benar2 membantu / dapat memanage masalah revenue serta trouble kenegaraan yang lain yang menyangkut tentang kependudukan.

Negara kita “sedang mengusahakan” NPWP (nomor pokok wajib pajak) sebagai NIK (Nomor induk kependudukan). dan itu sudah berlaku dithailand. revenue departement mereka sudah terintegrasi dengan : Departemen Kependudukan, Imigrasi, serta semua departement pemerintah yang lain. bahkan revenue Dept juga sudah terintegrasi dengan Bank² dithailand. woooow  “amazing dept. right” – jadi jika ada penduduk yang ga bayar pajak, mengakali pajak, ga bayar listrik, ga bayar telp, dll – semuanya bisa langsung ketahuan. kalau saja dinegara kita bisa menerapkan sistem seperti ini dijamin masyarakat akan lebih sejahtera, Pemilu ga akan kacau balau  dan  birokrasi apapun tentunya pasti menjadi lebih mudah dan tidak berbelit-belit (seperti yang sudah “biasa” terjadi di indonesia).
Mereka juga sudah menggunakan “web” sebagai media komunikasi dan transaksi kepada masyarakat. jadi sistem mereka sudah aplikatif dan simple banget. sangat mudah digunakan dan tidak membuang-buang waktu (untuk antri dsb.) – GREAT EDUCATION in this area :p

Walking Down The Line
===============================

Chaopraya river : Waaah ini lagi, salah satu masalah dalam negara kita yang dapat saya bandingkan dengan thailand adalah permasalahan SDM nya. dithailand orang² sangat menghargai dan menjaga public service mereka. (jalan², atm, tlpn umum, tempat umum,  dll) semuanya tidak ada yg dirusak. hampir tidak ada coretan saya lihat disepanjang jalan ataw di tempat2 umum… huuuf “amazing” dichaopraya river banyak ikan … klo diindonesia saya yakin udah habis . dan mungkin klo chaopraya ada diindonesia ikan ga bakal bisa hidup, karena sungai akan dipenuhi oleh limbah dan sampah – huuf, what hell going on with indonesia .. :( huuuuh

Pattaya : wakakakaka – PLACE FOR THE REAL MEN << mungkin itu judul yang paling tepat untuk menggambarkan pattaya. kenapa ???? anda coba aja kesana. no comment deeh – Good Guy Goes to Heaven, Bad guys Goes to Pattaya. hahaha -  Forza Pattaya, semoga bisa kembali :p

MBK Mall : mall paling gede di bangkok, shoping time … aduh ampe lupa mau cerita apa, kebanyakan belanja neh :D

Dinasty Hotel : Hotel tempat kita menginap, dihotel cuman tidur sama breakfast. rata2 tidur cuman 4 jam sehari, sayang klo dithailand cuman buat tidur.. ya kan :p yuuuuk

Another Amazing Place : Beberapa tempat “hebat” yang tidak bisa saya ceritakan disini (panjang ceritanya) :p,   wkekekeke – mantap deh pokoknya :D

Oh iya.. yang paling penting buat temen² yang suka jjs, cewek di thailand cantik2 lhooo – berserakan pula – wakakakaka !!!!

Khobkhun krab (terimakasih) :p

admin

You are not authorized to see this part
Please, insert a valid App IDotherwise your plugin won't work.

3 Comments

  1. kk weda …
    mana oleh2 buat aku :p

    duuh pengen deh kesana.
    kapan2 jjs bareng yuuk –
    tak tunggu lho …

    see you -

  2. perjalannan yg gila…pa lg jlnnya ma ms weda, duh tambah gila dah…ini g bs d lupakan..temen2 ma dosen2nya asik2 semua. palagi bangkok gitu loh, kotanya cew2 heheehe..mudah2an ini bisa terulang lagi, terserahlah di negara mana yang penting tetep ma miss bantal, ms beruang madu, ms nanang, ms weda yang gile abis dan yang lainnya…… aq tunggu perjalanan selanjutnya.

  3. Guten Abend…
    Numpang isi comment neh coz kmrn ada yg request tuk ngisi hehehhe…wah seru bgt dech field trip to thailand nya.Palagi bisa kenal ma weda yg gokil abiz.Jd tmbah rame n seru dech petualangnya hehhee…Unforgettable experience dech pokoknya!!

    Oh ya,adhuy tega banget dech ganti nama jd miss bantal.tp usulmu boleh juga,kpn neh qt traveling lagi hahhahaa….qt guncang dunia ini hehhee…peace!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *