23

ketika CIM-CIM Mencari Jalan

Teka-teki klasik Logic

cim cim cari jalan

Pada suatu hari Cim-Cim ingin pergi ke kota DungDung. Di pertigaan jalan, Cim-Cim bertemu dengan dua orang. Orang yang satu berasal dari kota Jujur, semua orang dari kota tersebut mengatakan yang sebenarnya, dan orang yang satu lagi berasal dari kota Bohong, dimana penduduk kota tersebut berbicara Kebalikan dari keadaan yang sebenarnya.

Karena Cim-Cim tidak tahu jalan, Cim-Cim memutuskan untuk bertanya kepada salah seorang diantara keduanya. Sayangnya, Cim-Cim tidak tahu siapa yang berasal dari kota Jujur dan siapa yang berasal dari kota Bohong.
Jika Cim-Cim hanya boleh bertanya satu kali, kepada salah seorang dari kedua orang tersebut (bohong/jujur) pertanyaan apa yang harus diajukan Cim-Cim ?

NB:  asumsi yang digunakan, kedua orang tersebut mengetahui letak kota DungDung.

admin

You are not authorized to see this part
Please, insert a valid App IDotherwise your plugin won't work.

23 Comments

  1. pertanyaannya> tolong kamu ********** kemanakah jalan menuju kota dung dung(*********)

  2. cim-cim : arahnya kemana yah kalau dari sini mau ke Dung-dung?

    si jujur : pasti nunjukin arah mulai dari SINI ke DUNG-DUNG.

    si bohong : pasti nunjukin arah dari DUNG-DUNG ke SINI…

    hehhe…

  3. pertanyannya >>
    Dimana arah timur kota dongdong..

    dari situ tinggal dianalisa..
    mas iya kita gak tau arah mata angin..
    kalo di jujur tinggal ikutin..
    kalo dia bohong,,berati qta jlan aja arah kebalikannya…

    gimana..logis gak ..hehehe

  4. Tanya saja,
    SIAPA YANG TAU LETAK KOTA DUNGDUNG?

    nah yang jujur pasti ngaku, yang bohong pasti gak ngaku kalo dia tau.

    he he he, gampang khan

  5. yawudah bilang gini ajaa,,

    woi abang bedua, “di kota dung-dung lagi ada acara bagi-bagi duit, katanya mulainya bentar lagi!!!”

    pasti mereka bedua langsung belari menuju ke arah kota dungdung, y kita tinggal di ikutin aja.
    gyan kan mana ada sih orang yang bisa nolak duit gratis..
    akwakwkakwak

  6. Jalan Ini Perempatan Atau Pertigaan Yah ? Yang Jujur Pasti Akan Menjawab Pertigaan, Yang Bohong, Pasti Tidak Menjawab Pertigaan.

  7. mudah kita asumsikan si anak ini tau arah kedua orang ini dateng…
    jadi tinggal tanyakan aja…
    “dari arah mana bapak tadi dateng?”
    kalau yang berbohong pasti akan jawab kebalikannya kan…misal dia jawab dari arah timur maka kita tinggal jalan ke arah barat…(karena kita tahu arah sebenarnya orang ini dateng..)
    sedangkan orang yang jujur akan mengatakan sebenarnya dari mana dia dateng…
    begitulah akhir penjelasanku….QED(^_^)V

  8. pertanyaannya begini,
    “arah manakah yang ditunjukkan penduduk sebelah jika saya bertanya arah menuju kota dung dung”.

  9. begini nih caranya bertanya menjebak:
    “jika jalan yang saya pilih nanti benar, maukah anda mengatakan YA?”
    he…he… si pembohong pasti klepek2 menjawanya!!!!!!!!

  10. karena si Cim-Cim ada dipertigaan jalan berarti arah jalan yg benar cuma ada 2, kiri atau kanan, dan untuk mendapatkan raha jalan yg benar untuk menuju ke kota DungDung maka Cim-Cim harus bertanya pada salah satu dari kedua orang tersebut dan pertanyaannya adalah “apa yang akan dijawab teman anda jika saya bertanya kepadanya ke arah mana menuju kota DungDung, kiri atau kanan?”, jika dia menjawab kiri maka arah yg benar kanan dan jika dia menjawab kanan maka arah yg tepat adalah kiri,,,

  11. Pertayaan..bisakah anda mengatakan arah menuju kota dingung,.>penjelasanya ,.si bhoNG PASti tdak akan bsa menjawaB,.Sedangkan sijujur pasti akan menjawab bisa

  12. aku tauuuu,
    tanya aja ke salah satu orang itu, “apa yang akan temanmu katakan bila aku bertanya manakah arah ke kota dungdung ?”

    kita dia jawab ke kiri, maka kita harus ke kanan, dan sebaliknya.

    penjelasan :
    jika yang kita tanya adalah si jujur, temannya dia pasti si bohong, jadi pasti jawabnya salah.
    jika yang kita tanya adalah si boong, uda pasti jawabannya salah.
    jadi uda jelas deh.

  13. Jawabnya : Cim Cim pura2 mengenal mereka berdua ja lalu bertanya dengan meyebut asal nama kota si bohong dengan bertanya “hei orang yang dari kota bohong klo mo ke Kota Dungdung ngmbil arah mana yaa…

    Penjelasannya : karena Cim Cim bertanya nya ke orang yg asal dari kota bohong orang yang dari kota jujur tidak akan menjawab cz pertanyaan tu bkan utk dirinya JADI CIM CIM sudah bisa mengetahui arah jalannya karena yg pembohong pastinya menunjukan arah yang salah karena Cim Cim sadah tau bohong yaa ambil yang arah yang lain
    klo cim cim bertanyanya dengan nyebut nama kota jujur pastinya orang yang asal kota bohong memeberikan jawaban juga yang itu makin mepersulit Cim cim tuk mencari yang bener

  14. Tanya ke salah satu orang : apa kɑmυ tau arah ke kota dung dung?
    Klo dia bohong jawab tidak tau
    Klo dia jujur jawab tau

    Tanya ke orang satunya lagi : kota dung dung arahnya ke kanan atau ke kiri?
    Klo yg pertama jawab gak tau, berarti yg kedua bener
    Klo yg pertama jawab tau, berarti yg kedua bohong jaϑi kita ambil kebalikan dari jawaban itu.

  15. Maaf nih mengganggu.
    Saya mau tanya kalau dari perempatan ini arah yang ke kota Dung-dung mana ya?
    Si Jujur: Ini pertigaan Mba bukan perempatan, kalau dari sini ke arah Timur.
    Si Bohong:Ini bukan pertigaan Mba,kalau dari sini ke arah Barat.

  16. Pertanyaan: tolong Gambarkan jalan menuju kota dung dung…
    Klo di gambar..pasti gambarnya sama..tinggal di balik ǎjǟ gambar dari si bohong

  17. jwabannya mudah sekali.

    jadi bgni ; ” jika sya brtnya kpada orang yg di kota sana mereka akn mnjawab ke arah mana?

    pnjelasan.;
    jika orng ju2r mnjwb kiri mka psti si bhong akn mnjwb kanan.
    jadi kita tinggal melawan katanya sja.

    jdi sperti negasi.
    jwabannya sslu brnilai -
    atau kebalikannya.

  18. dimana letak desamu berada???
    kalau dia dari desa kejujuran dia akan menunjuk ke desa kejujuran kalau dia dari desa kebohongan dia juga akan menunjuk desa kejujuran

  19. Insaallah bener…
    caranya di tes aja…
    misal : cimcim asalnya tinggal dengan nama kota/daerahnya “rama agung”
    cimcim : Kalian tahu daerah rama agung
    kalo yg dari kota jujur pasti jawabannya sama apa yg di pikirin cimcim
    tapi kalo dari kota bohong jawabannya jelas berbeda apa yang dipikirin cimcim

  20. Bilang aja ” woy di dung dung banyak rumah besar2 gratis lagi ” Nanti ikutin aja deh kwkwkw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *