0

Networking dalam BISNIS

weda networking

Dalam teorinya, ada banyak cara untuk menarik calon konsumen. Mulai dari penawaran diskon, promosi berhadiah, lokasi toko yang strategis, consumer relations management yang baik hingga kualitas produk atau jasa yang Anda tawarkan dapat menjadi senjata untuk menarik calon pelanggan. Namun pada kesempatan ini saya ingin fokus mengulas hal yang tak kalah penting terutama bagi Anda yang baru akan memulai bisnis, yaitu membangun networking atau jaringan pertemanan yang Anda miliki.


Seringkali kita tak menyadari kekuatan jaringan pertemanan. Hal ini terjadi karena kita menganggap pertemanan merupakan hal yang biasa dan mengalir secara natural. Memiliki saudara dekat, saudara jauh, teman sekolah, teman kantor, teman tongkrongan sampai tetangga adalah sesuatu yang taken for granted, sehingga kita tidak menyadari kedahsyatannya untuk membangun ’kerajaan’ bisnis kita.
Cara paling mudah dan efektif untuk mendapatkan kepercayaan dan calon konsumen ialah melalui orang yang sudah kita kenal. ”Lebih mudah meng-approach-nya”, kata orang seorang teman yang bekerja di bagian marketing. Ibarat pepatah, tak kenal maka tak sayang, menjual produk atau jasa kepada orang yang sudah dikenal tentu jauh lebih mudah dibandingkan dengan menawarkannya kepada orang yang sama sekali belum kita kenal.
Masalahnya, sering sekali kita melupakan jaringan teman-teman tersebut. Kesibukan pekerjaan maupun kesibukan lainnya membuat kita hanya fokus dengan jaringan hubungan saat ini. Mungkin hanya sekali dua kali kita menghubungi mereka. Padahal mungkin dulu mereka adalah teman-teman yang cukup dekat dengan kita.
Salah satu strategi yang cukup efektif dan mudah membangun kembali networking yang sudah sedikit ’terlupakan’ tersebut bisa melalui berbagai cara, antara lain mengirimkan SMS atau e-mail. Sebuah strategi sederhana namun efektif.
Anda bisa mengirimkan SMS atau e-mail kepada semua kontak yang ada di ponsel atau komputer Anda.
Misalnya, pada hari-hari besar seperti Lebaran, Natal, Imlek, dan Tahun Baru jangan lupa mengirimkan SMS dan e-mail kepada mereka. Atau, pada hari-hari ’penting’ seperti ulang tahun, kelahiran anak, kenaikan jabatan dan lainnya kirimkan pesan singkat namun menarik. Informasi penting tersebut kini relatif lebih mudah kita peroleh melalui jaringan pertemanan online seperti friendster, multiply maupun blog pribadi yang biasanya memberitahukan hari-hari penting tersebut melalui e-mail reminder.

Berikan ’sentuhan’ pribadi pada pesan SMS atau e-mail Anda tersebut, sehingga terasa orisinal dan berkesan bagi si penerima sehingga tidak mudah dilupakannya. Karena itu, tidak disarankan untuk sekedar memforward SMS atau template dari teman lainnya. Kirimkan kepada teman sekerja, sanak famili, sahabat jauh, teman SMA – kalau Anda masih menyimpan nomornya – atau bahkan orang yang baru Anda temui pada acara seminar misalnya. Selain itu, biasakan juga meminta nomor ponsel, email atau bertukar kartu nama kepada orang yang baru kita kenal.
Jaringan pertemanan iniharus terus Anda sirami dan pelihara, karena suatu saat kita pasti membutuhkannya. SMS dan e-mail adalah salah satu strategi sederhana yang bisa Anda lakukan. Biasakanlah melakukan ini, karena hal kecil ini akan menjadi sangat berguna untuk kesuksesan anda di masa depan. Selamat berbisnis! (is)

Editor n Resources : Weda – http://okezone.com

admin

You are not authorized to see this part
Please, insert a valid App IDotherwise your plugin won't work.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *