21

FENOMENA Pramugari

Kemarin pas nganter temen keBANDARA, mata pada bingung… banyak banget Pramugari yang Berhamburan kaya Nyamuk disemprot baygon. beberapa ada yang jelalatan, gua kedipin, weeh mereka kedip balik. baaah ,,,, tapi jadi inget seorang temen yang sekarang udah jadi Pramugari. akhirnya hotspotan deh, sambil cari2 Fenomena hidup ala pramugari.

(Pos Kota) – Seorang mahasiswi jurusan Psikologi Universitas Surabaya (Ubaya) Indah Martina membuat heboh dunia pramugari. Sebabnya,dia menguak fenomena seputar kehidupan pramugari dengan pilot dalam skripsi berjudul ‘Hubungan antara Harga Diri dengan Seks sebagai Sebuah Alat di Pekerjaan Pramugari Udara’.

Dalam skripsinya, Indah menggambarkan cara pramugari untuk memikat pilot. Mulai dari cara duduk seksi dengan menyilangkan salah satu kaki, hingga memperlihatkan kemolekan. Tujuannya, untuk meningkatkan pangkat dari sang pilot. Bahkan juga kerap berbuah hadiah. Pramugari juga sering menepuk punggung pilot untuk menambah sentuhan hubungan antara masing-masing. Kebiasaan seperti itu menjadi senjata ampuh untuk meluluhkan hati sang pilot.

TELITI 176 PRAMUGARI
Sebanyak 176 pramugari yang menjadi responden Indah berasal dari empat maskapai di Indonesia.
Mereka menyebutkan, ciuman serta pelukan dengan pilot menjadi kebiasaan dalam penerbangan pesawat. Sebanyak 42,6% pramugari mengaku lebih mengedepankan seks daripada harga diri. Kebiasaan itu disebabkan materi yang ingin direbut pramugari ketika menekuni profesinya. Awalnya, ada pramugari maupun pilot saling tukar nomor telpon. Setelah itu pramugari memberikan short message service (SMS) mesra. Ujung-ujungnya akan ada pertemuan lanjutan.

Responden yang dipilih Indah berumur antara 20-35 tahun. Beberapa pramugari itu sudah berkeluarga.

TIDAK SEMUA PRAMUGARI
Dari hasil penelitian ini, lebih dari 50 persen pramugari mengedepankan harga diri. Hasil penelitian mahasiswa Universitas Surabaya bahwa pramugari sering bercinta dengan pilot di udara mendapat tanggapan. Seorang pilot, pramugari senior dan seorang pramugari junior menampik ada skandal tersebut. Dewi Adriani, pramugari Mandala (junior), Dewi Anggraini pramugari Garuda (senior) dan Steven pilot Garuda mempertanyakan uji kelayakan skripsi tersebut. “Apakah penelitian itu sudah akurat, apakah benar respondennya pramugari, jika iya dari maskapai mana, kami minta kejelasan yang pasti. Jangan sampai institusi pramugari disamakan dengan profesi wanita penggoda,” ujar Dewi Anggraini.
Selama 17 tahun jadi pramugari, Dewi belum menemukan ada kawannya bisa dikencani pilot . “Di aturan perusahaan kami, jika ada pramugari yang berbuat seperti itu pasti akan dipecat,” ujar Dewi Anggraini yang juga sebagai Sekjen Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia (IKAGI).

Sementara itu, Dewi Adriani, 21 Tahun, pramugari Mandala menanggapi hal serupa. Baginya selingkuh ada di mana saja di tempat kerja semua orang, tinggal bagaimana seseorang itu menyikapinya. “Ibu rumah tangga, atau teman sekantor perusahaan manapun, ada yang berselingkuh,” katanya. Menurut warga Pamulang dan baru menerima penghargaan The Best Sterwarderss 2007 dari INACA (Indonesia National Air Carriers Assocition) ini, pekerjaan pramugari rentan dengan isu seks bebas ini. Adriani tidak yakin mahasiswi Universitas Surabaya tersebut melakukan penelitian dengan benar. “Jadwal pramugari cukup padat dan waktunya hampir lebih banyak di luar rumah, jadi kayaknya nggak sempat deh kalau dijadikan responden untuk diwawancarai,” aku Dewi Adriani.

Sedangkan Steven, pilot Garuda yang mempunyai jam terbang 28 tahun, mengatakan isu perselingkuhan antara pilot dan pramugari sudah usang alias lama. Dia sudah dengar dari pertama kali menjadi pilot.

Resources : (nurqomar/dwi/ B)

nah Lo …. yang mau jadi Pramugari , tapi klo saya mah asik2 aja, bukan begitu mbak Pramugari ??? Mari …

admin

You are not authorized to see this part
Please, insert a valid App IDotherwise your plugin won't work.

21 Comments

  1. enak dong

    berarti dari 2 ajakan, kemungkinan cuma dapet 1 gamparan doang, yang berikutnya bisa dilanjut.

    nyoba ah………..

  2. Aha .. menarik sekaligus lucu, saya bukan pramugara yang pekerjaanya hampir sama dg pramugari tapi teknisi yang suka ikut terbang dan focus membantu Pilot da FO (Co Pilot)memberikan info teknis,

    komentar saya mungkin juga sebagai pencerahan diambil berdasarkan apa yang saya alami di maskapai GA, menurut saya keliatannya cerita ( skripsi ? ) ini terlalu di dramatisir, if we know what they done during flight…

    Rasanya imposible ada kesempatan-kesempatan yang di ceritakan tadi, kebetulan posisi duduk saya adalah tepat di belakang Pilot dan Co Pilot, jadi saya tahu berapa kali Pramugari masuk ke ruang cockpit selama penerbangan dan ini prosedure, termasuk meberi makan Pilot dan Co Pilot… saya yakin tidak semua penumpang tahu bahwa makanan Pilot dan Co Pilot harus berbeda ini juga prosedure ( gak ada hubungannya ya ,, tapi just info aja)

    Dalam setiap penerbangan maksimal paramugari berbicara dengan penumpang adalah 3 menit, demikian juga dengan crew yang lain.

    Yang paling menggelikan adalah masalah materi yang di harapkan dari Pilot??? tahukah anda bahwa penghasilan seorang Pramugari dalam satu bulan bisa lebih tinggi dari Co Pilot, apalagi teknisi seperti saya…. how come.

    ilustrasinya seperti ini, Pilot adalah spesialis untuk satu pesawat, mis Pilot Boing ia akan selalu terbang dengan Boing, kalau rute Boing itu hanya ke satu tempat mis jakarta, medan, Hongkong.

    Nah pramugari bisa pinda-pindah jenis pesawat sehingga dalam satu bulan rute terbang mereka bisa lebih luas, artinya di luar gaji flight allowanve yang mereka dapat bisa lebih tinggi.

    sehingga walaupun gaji pokoknya lebih kecil dari pilot junior tapi secara total income bisa lebih tinggi ( so mau minta dari pilot ???).

    Bagaimana dengan after working hour, jet lag men … balas dendam tidur, terurtama untuk rute eropa.

    So …kalau urusan selingkuh, rasanya dimana saja ada, Sekretaris sama Bosnya,… atasan sama bawahannya, cuma mungkin tidak terlalu menarik untuk di ekspouse..

    Itu aja sekilas dari aku

    Terakhir Selamat Ulang Tahun Mas … hari ini kan

  3. thx mas ridwan …
    iya, kan sekedar “fenomena” sadja … :)
    skrng bagaimana kita menjalani dan menyikapinya saja .
    tapi “hidup bukankah untuk mencari sesuatu yg menarik dan menjadikannya lebih menarik” – ada baiknya kita bikin ini menarik.
    “bukan begitu mba pramugari” :p

    “kalem”

  4. Halo smua.Saya ikut comentar sedikit aj…Ya dikatakan kalian it ada benernya dlm pekerkerjaan pilot/copilot/pramugari sangat padat.Akan tetapi dlm kepadatan itu mereka ada yg melakukan hbungan pribadi dikalau off.Saya perna bertanya kepda slh satu pramugari klu didalam jam terbang melakukan hal seperti it jarang tp klu diluar jam kerja hampir 30% pramugari mengatakan seks adalah menu ke 5 dlm pekerjaanny.

  5. Hey… suami gw pilot airlines swasta di indonesia dan lingkungan gw pun tidak jauh dr dunia penerbangan dengan pilot2 dan pramugari di dalamnya..

    Perselingkuhan dan seks antara keduanya sudah merupakan makanan sehari2 untuk mereka namun jelas tidak di udara namun ketika mereka ron di hotel, tidak peduli status keduanya but yes seks very important for them, saya mengalami hal itu di pernikahan saya dan 90% teman2 saya sbg istri pilot pun mengalaminya dan pengakuan pun datang sendiri dr mulut pramugari2nya karna sebagian dr mereka merasa ada sedikit kebanggaan jika mereka bisa punya pacar cockpit bait itu FO ataupun capt whatever their status.

    Ini bukan opini pribadi namun pengakuan dr suami sendiri yang mengatakan sangat berat menghadapi godaan dr lingkungan yg sangat menggoda iman dan semua itupun keluar dr mulut sang pilot sendiri. Well gimanapun perselingkuhan bs terjadi dimana saja, namun mungkin kesempatan yg lbh banyak mereka temukan ketika ron di daerah :)

  6. Semua pendapat benar, perselingkuhan dimanapun bisa terjadi. tidak hanya pramugari dengan pilot.
    Bagaimana dengan dosen dan mahasiswi??
    sekretaris dan bosnya?

    mengapa yang dilihat sebagai fenomena hanya pramugari dan pilot?

    sekedar informasi saja bahwa menjadi pramugari itu tidaklah gampang, resikonya tidak hanya dilecehkan dengan pandangan miring orang tapi juga bisa kehilangan nyawa ketika sedang bertugas.

    sama halnya seeprti polisi, semua orang meamndang bahwa (maaf) tidak ada polisi yang bersih tapi tidak semua kan. nah sama, jadi jangan melihat atau menyamaratakan gitu deh, gak adil.

  7. emang bener suami gw juga pilot.. btw baru2 ini ada pramugari pilot yang ngakunya terbang taunya ke anyer (pacaran) n terjadi kecelakaan mobill. pramugari yang single meninggal.. and pilot yang udah punya anak istri.. koma ampe sekarang….kasian keluarganya.. hmmmmm…dimana sih nurani..

  8. Waduuh….
    Setelah tau kehidupan pramugari kek gitu,aku jadi pikir 1000x buat nyari pacar apalagi istri dgn profesi Pramugari….
    Semoga mreka sadar kalo berzinah tu dosa.

  9. saya juga istri pilot dari airlines swasta. Mungkin sudah menjadi rahasia umum pekerjaan pilot dan pramugari selalu di sangkut pautkan ke arah hubungan intim atau “perselingkuhan”. Tapi menurut saya tergantung kepribadian individu masing2.Yaa,kalaupun ada pramugari dan pilot seperti itu,mereka intinya mempersiapkan diri ke arah kehancuran! Karena pramugari yang baik akan selalu menjaga kehormatan dirinya,tidak menggoda pilot,apalagi sudah punya istri.Karena pramugari juga hanya seorang wanita biasa,yang pastinya hatinya akan sangat sakit apabila orang yang dicintainya berhubungan intim dgn wanita lain. Dan untuk para pilot yang baik,manamungkin mau melakukan perselingkuhan dgn pramugari,karena akan menghancurkan bahkan menodai keluarganya sendiri.Pria yang berselingkuh ibaratnya sama dengan menyuguhkan istri dan anak perempuannya untuk orang lain. Naudzubillah… Kesimpulannya apapun pekerjaan kita,akan sangat membanggakan bila kita berlaku baik..

  10. ♓é² :p.. ♓é² :p.. ♓é² :p.. ♓é² :p yang jelas kalo pilot bangga punya pacar mugari.. Pastinya gak bangga punya istri mugari.. Dah pasti deh disuruh berhenti.. Karena mungkin aja istrinya dipake teman sendiri. Secara dah jadi gaya hidup ..

  11. Sorry…
    Aku punya teman, pernah di maskapai terbesar, menurut dia bersih, dr hal begitu.
    tapi dia pindah ke maskapai lain, dan mulai terlibat , dan ternyata lumrah dilakukan saat off, nginep dihotel yang sama, berpindah ke kamar pilot or ko-pilot.
    Soooo…. bener atau tidak ceritanya….kayaknya bener sih…walau mungkin ndak semua…

  12. Suami ku capten, smnjk naik posisi kapten ku byk istighfar klo krja ky mo jd model, klo disms dpt sch Ron 2 SD 4 hr senang skli krn diotak kotor nya sdh berputar surganya dunia…dia bilang aku menu utama yg lain menu tmbhn jd skli pake buang…minta cerai tdk mau ..krn dia punya kykinan aku yg pmbwa ia sukses tp…sngt mnyedihkn nasib ku …lbh baik ia tdk us mnjdi kptn pilot sj jk jln hidupnya kotor sprti itu krn kami pun msh punya krja yg lain…aku lg tunggu tngan Allah yg mmberi hukuman pd nya krn nasihatku sdh tak mempan lg ..wait & see ku yakin ad 1 hr indah akn dtng untk kesabaran ku ini…

  13. Sya pnasaran stlah berdiskusi soal “kehidupan di dunia penerbangan?” Lalu, ujung2′a bicara soal pramugari. Sy teringat oleh mntan kekasih sy yg menginginkan profesi mnjadi seorang pramugari. Setelah mmbaca artikel ini berikut komentar2 yg pnuh pro n kontra? I hope her never be a stewardess.. Amien,
    Wlaupun tdk smw’a sperti itu, nmun “lebih baik mnghindari drpda smpai hrus trjebak hal yg blm kta ketahui kenyataannya?”

  14. kalo saya mah jdi teknisi pesawat ajalah walaupun gaji pas pasan
    dan dipandang sebelah mata ….kerja keringetan ….
    knpa yah gaji teknisi kecil????

  15. Iya, saya seorang istri , seorang manager, top level manager di sebuah perusahaan cukup besar… yang sangat menyebalkan, suami saya mempunyai simpanan pramugari “L-air” dan mereka berhubungan sudah cukup lama, gaji suami saya besar, tp sejak berpacaran itu suami sudah jarang memberikan dui, mungkin habis uangnya buat si pramugari… sangat mengesal kaaann !!!! anaknya sudah 3 padahal, weekend selalu mencari2 alasan untuk menginap dan keluar… saya yakin banget dia ada di kontrakan pramugari tersebut …. saya sungguh sedih, dimata saya pramugari sosok yg brengsek sangattt!!!!

  16. Jadi gak hanya perilaku menyimpang di udara, tapi di darat pun pramugari suka menggoda suami2 orang, pasti sudah banyak korban2 lainnya !!!!

  17. Pramugari Lion Air bernama NaNa , sudah menggoda suamiku, sampai suamiku mau menceraikan aku…
    sampai akhirat aku gak akan melupakan perbuatannya berselingkuh dengan sang pramugari!!.,

  18. cewek ku mantan cabin1 salah satu airlines yg telah tutup..ia sangat cantik putih mulus oke punyalah.. pernah berkeluarga 2tahun namun divorce krena suaminya tak mampu diranjang..dan ia terpaksa kembali lgi pacaran dengan cowoknya yg pilot udah berumur..setelah mereka lama tak jumpa krena sibuk dengan schedule flight masing2 akhirnya sang pramugari berjumpa denganku ..kuakui seks pramugari sangatlah bagus indah banget..saat lain pilot bertemu pacarku dan mreka sepakat putus krena pilot berumur telah menikah dengan tetangganya..
    aku senang mengetahui hal itu krena hingga saat ini seks mantan pramugari cantik ini slalu hanya terpenuhi oleh ku..

  19. jadi menurutku dari pada pramugari activ..mendingan mantan pramugari kawan jdikan istri..toh masih mantap diajak jalan kemana jga..
    dari pada pramugari activ ..miris denger kisahnya ..terkadang bukanlah pramugarinya yg mulai duluan ..orang cockpit…yg tebar pesona saat ron..bak don yuan ..lupa diri..lupa bini anak ..sodiiihhhh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *